Kamis, 11 September 2014

Peraturan Tenis Meja 

Peraturan tenis meja dapat kita bagi menjadi 2 jenis yaitu, peraturan service dan peraturan saat permainan. Sebagai olahraga yang kalah populer dibandingkan dengan olahraga sepak bola dan bulu tangkis tentu peraturan tenis meja sangat jarang diketahui oleh pemula.
Peraturan Service
Peraturan service pada saat permainan tenis meja mungkin sedikit berbeda dengan olahraga tangan sejenis seperti bulu tangkis, berikut adalah peraturan pada saat service untuk tenis meja.
  1. Pada saat service, bola harus dilepas dan dipukul mengunakan RaketBet, apabila bola terkena net dan bola masuk kedaerah lawan, maka harus di ulang sampai 3 (tiga) kali dan apabila masih terkena net juga maka point untuk lawan. Sedangkan apabila bola menyentuh net dan masuk kedaerah kita, maka point untuk lawan.
  2. Pada saat melakukan service dan bola lepas dari tangan dan belum/tidak dipukul, maka service boleh diulang selama bola tidak menyentuh meja pertandingan. Kalau bola sudah di lempar dan menyentuh meja pertandingan, maka point untuk lawan.
  3. Pada saat pertandingan, dan terjadi pergantian service (pindah bola) maka dilakukan setelah 2 (dua)point.
  4. Pertandingan dilakukan sebanyak 3 game dan apabila menang dalam 2 game maka otomatis dinyatakan sebagai pemenang. Dan dalam setiap game-nya perolehan point untu menang sebanyak 21 point/angka jika terjadi matchpoint maka pertandingan terus berlanjut 

Peraturan Permainan Tenis Meja

Peraturan tenis meja selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pada saat permainan dan game sedang berlangsung. Berikut adalah poin penting dalam peraturan permainan tenis meja yang wajib di ketahui.
  1. Selama pertandingan apabila tangan atau anggota tubuh lainnya menyentuh meja pertandingan, pertandingan tetap dilanjutkan. Apabila bola menyentuh tangan (tidak disengaja) dan bola jatuh ke meja lawan, maka pertandingan tetap dilanjutkan.
  2. Apabila Raketbet menyentuh meja atau bet menyentuh badan, pertandingan tetapdilanjutkan.
  3. Untuk menentukan siapa yang berhak melakukan service lebih dulu pada setiap awal pertandingan, dilakukan dengan “menebak” keberadaan bola dibawah meja yang disembunyikan oleh wasit. Sedangkan untuk game ke-2 dan selanjutnya, yang berhak melakukan serve lebih dulu adalah orang yang menerima bola (bukan yang serve) pada akhir game sebelumnya.
  4. Sistem hitungan yang digunakan adalah best of five dengan angka kemenangan 11 rally point.
  5. Apabila poin peserta seri atau match point (10-10) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan
  6. Bola setelah di servis atau dikembalikan, harus dipukul sehingga melewati net dan menyentuh meja lawan, baik secara langsung maupun setelah menyentuh net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar