Kamis, 11 September 2014

Teknik dan Gaya Renang

  • Gaya dada : gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada mengahadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Keadaan kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan di buka kesamping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat kedepan. 
  • Gaya bebas : Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakan jauh kedepan dengan gerakan mengayun, sementara kedua belah kaki bergantian dicambukkan naik turun keatas dan kebawah.Sewaktu berenang gaya bebas  , posisi wajah menghadap kepermukaan air. Dibandingkan gaya lain gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.
  • Gaya Punggung : Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap kepermukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas , tetapi dengan posisi tubuh telentang dipermukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakan menuju pinggang seperti geraakan mengayuh. Mulut dan hidung berada berada di luar air sehingga mudah mengambil dan membuang nafas dengan mulut atau hidung.
  • Gaya kupu-kupu : Gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang kebawah dan keatas seperti seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup melalui mulut ketika kepala berada di luar air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar